Minggu, 04 September 2016

Anak Kecil Dalam Kereta Api

Transportasi darat dengan kereta api di Indonesia seharusnya menjadi primadona, terlebih di Pulau Jawa. Tapi karena masalah kenyamanan, mungkin menjadi salah satu alasam sebagian orang (masih) lebih memilih kendaraan pribadi. Seperti gue yang mempertanyakan kenyamanan menggunakan Kereta Api, apalagi buat perjalanan jarak menengah - jauh. Emang sih gue cuma naik @KAI121 kelas ekonomi, tapi apakah memang kelas ekonomi tidak bisa mendapatkan kenyamanan dan ketenangan?


Kejadian yang bikin ngak nyaman dikereta gue alami saat perjalanan dari Solo menuju Banyuwangi pada 24 Feb 2016 kemarin untuk berlibur meliburkan diri (titip absen) bersama pacar dan teman-teman. Kenapa gue apal? Karena gue suka ngumpulin tiket @KAI121 yang isinya kebanyakan kelas ekonomi (maklum belum pernah dapet promo eksekutif) haha.




Nah masalahnya adalah seharusnya penumpang ikut menjaga ketertiban dan ketenangan sebagai bentuk saling menghormati. Kan dikereta ngak sendiri atau se-keluarganya aja. Gue merasa ngak nyaman ada anak kecil usia TK dibiarin sama orang tuanya lari bolak - balik digerbong pake acara naik ke kursi penumpang lain, sampe manjat dudukan kursi yang bikin orang mau lewat kudu nyuruh mereka turun. Antara mau lewat sama takut mereka jatuh kegeblak (jatuh jungkir balik/ salto/ backflip). Belum lagi pas gue tidur kaki gue dipegang-pegang, kan pelecehan seksual. Hiiissshhh.. Aku merasa ternodai :( Habis pegang-pegang jabut bulu kaki, pacar aja gue larang, ini bocah yang gue ngak tau siapa bapaknya masa iya grepe gue gitu. Pengen gue iket didalem kamar mandi sumpah...

Seharusnya orang tua dari bocah menjaga bukan malah orang lain ataupun petugas yang harus selalu negur. Bukan berarti penumpang lain diem karena it's fine aja, tapi mereka males ribut sama ibunya, terlebih ada nenek si bocah. Elu tau kan nenek-nenek kaya gimana, ngak bakal mau ngalah sama ngotot minta di ngertiin dihormati, tapi ngak peduli juga sama yang lain. Mungkin cuma beberapa nenek-nenek sih yang kaya gitu, tapi udah menjadi maindset orang kalau nenek-nenek anaknya atau cucunya ditegur malah bales dicurhati hingga didebat. Itu maindset gue kenapa gue males buat negur tu bocah atau ngomong sama emaknya.

Awalnya sih gue cuek-cuek aja, wah ada anak dua kecil duduk disebrang sama ibu dan neneknya, aman nih pikir gue. Pasti nenek nya jaga si kakaknya, emaknya jaga si adik, lagipula emaknya keliatan kalem...
Ternyata gue salah pemirsa, kereta baru jalan tu dua bocah (kakak-adik) heboh bener. Jadi hikmah nya adalah "Dibalik emak yang cantik terdapat anak kecil yang hiperaktif bangsat", ngak bisa diem dari stasiun Madiun sampai Stasiun Jember, pas lagi sidoarjo banjir.. Kreta pelan banget. Cobaan banget GustiAllah (muka badmood)....

2 komentar:

  1. Intinya buah jatuh jauh banget dari pohonnya
    heheheee
    keren mas artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mas, makannya kudu berhati hati biar ngak ditiru anak kecil

      Hapus